June 18, 2012

Book Review#3 : The Joshua Files : Dark Parallel

Judul asli : The Joshua Files : Dark Parallel
Judul terjemahan : Dunia Paralel
Pengarang : M.G.Harris
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Harga : Rp 53.000,- (2012)
My rates : 8 of 10
Age : 14+

finally..hahahahahha..(loh kok ketawa) iyaaa..akhirnya..baru 13 Juni 2012 kmaren saya beli di Gramedia Padang dengan antusiasme gila-gilaan..hoho..dan habis dalam 3 jam saja..(lambat sih..gak papa, menikmati jalan ceritanya..)

buku keempat dari seri The Joshua Files akhirnya terbit juga di Indonesia, dengan judul terjemahan Dunia Paralel. Saya mungkin tidak akan me-review buku kedua dan ketiga (Ice Shock dan Zero Moment), mengingat buku ini yang sedang saya gandrungi..hehe..

dalam buku keempat ini, di awalnya, saya sempat agak kaget..kok jalan ceritanya jadi berasa teenlit gitu..karna Josh si tokoh utama kita, cemburu abis sama Benicio, sepupunya..tak lain tak bukan karna Ixchel..okelah, drama di awal2 ini gak akan saya bahas..naaahh, ketegangan mulai meningkat ketika Josh menyadari ada yang salah dengan ingatannya..gak ada satupun yang ingat soal Tyler, sahabatnya yang menemaninya di petualangan waktu di Zero Moment (buku yang full action, tembak-tembakan, perkelahian, n ngebut-ngebutan)..

Josh mengira ingatannya salah..ternyata nggak..belakangan diketahui bahwa Codex Ix yang susah payah ditemukannya dahulu, cuma berisi halaman awal..sisanya kosong..padahal Josh yakin sekali, Codex itu berisi penuh pengetahuan untuk menghadapi Super Gelombang Galaksi 2012..untungnya, Carlos Montoyo juga sadar, kalo ada yang salah..dan akhirnya..Josh terkirim dengan paksa ke Maya 653 SM dengan menggunakan Gelang Itzamna buat mencari penyebabnya..masalah yang terjadi adalah, Ixchel ikut..dan situasi langsung kacau balau..

Guess what..?? mereka berdua ketemu salah seorang anggota Sekte Huracan disana..mati-matian..Josh mesti nolongin Ixchel n balik ke 2011 lagi (settingnya tahun 2011 di buku ini)..taunya, pas mereka balik, eeehh..dunia udah gak sama..realitas paralel yang berbeda dari dunia yang mereka tau sebelumnya..gak ada internet..gak ada Ek Naab..hooo...

kebingungan..tapii..di bagian ini diselipkan adegan romantisnya Josh n Ixchel..yah udah ketebak sih kalo mereka bakal bareng..cuma..mereka mutusin untuk kembali ke titik nol lagi..yaitu di masa Itzamna hidup, sekitar 2000 SM..

yang bikin kita kaget..Itzamna nya ternyata...??? hoo..gak akan saya lanjutkan..yang jelas, misi Josh di buku ini berhasil, dan dunia kembali seperti yang dia kenal..cuma, 2012 semakin dekat, dan nggak jelas dengan cara apa bakal dihadapi..

well, yang bikin sebel, syap baca buku ini, kita harus menahan kesabaran menunggu Apocalypse Moon, buku kelima, bakal diterbitkan di Indonesia..
..semoga gak terlalu lama nunggunya..hehe..^^

Book Review#2 : The Heroes of Olympus : The Lost Hero

Judul asli : The Heroes of Olympus : The Lost Hero
Judul terjemahan : -
Pengarang : Rick Riordan
Penerbit : Mizan Fantasi
Harga : Rp 79.000,- (2012)
My rates : 8 of 10
Age : 13+

Nahh..akhirnya saya nulis blog lagi..soalnya koneksi internet sering lemot menyebalkan di Padang ni..ya sudahlah..jadi, karna saya sedang doyan-doyannya baca buku, buku ini yang akan saya review selanjutnya..

Khas buku-buku favorit saya, inilah dia..The Heroes of Olympus : The Lost Hero, dikarang oleh Rick Riordan..buku ini boleh dibilang lanjutan dari seri terkenal Percy Jackson and The Olympians, yang ada 5 buku..tentang kumpulan remaja blasteran alias Demigod, setengah dewa setengah manusia di Perkemahan Blasteran. Memang, untuk baca buku ini, dianjurkan buat baca ceritanya Percy dulu..karna buku ini sangkut pautnya erat banget sama pentalogi Percy Jackson..meskipun di buku ini tokoh utamanya bukan si Percy..

Singkat cerita, 3 orang remaja (berusia 15-16 tahun) mau berkarya wisata ke Grand Canyon..Jason Grace, Piper McLean, dan Leo Valdez..awal cerita, si Jason ngerasa amnesia, gak tau dirinya siapa, lagi ngapain, n knapa bisa ada di bus bareng rombongan anak2 ni..belum lagi si Piper yg nempel banget ke dia, trus Leo yg doyan becanda terus sambil melakukan hobi anehnya, mengotak-atik barang2 elektronik. Piper dan Leo taunya selama ini kalau si Jason adalah pacarnya Piper n sobat karibnya Leo..Jason yang bingung setengah mati, semakin shock berat menghadapi kehebohan yang terjadi di Grand Canyon..

Disana, terjadi serangan angin badai aneh, mereka dipaksa bertarung melawan sosok-sosok badai yang ternyata adalah monster2 Yunani kuno yang bangkit pasca perang besar melawan Kronos di musim panas lalu..(disini mesti baca Percy Jackson, biar paham)..dengan pengorbanan oleh Pelatih mereka, Pak Gleeson yang belakangan diketahui identitas aslinya sebagai Satir penjaga Demigod..Jason, Piper, dan Leo berhasil selamat..dan diangkut oleh Annabeth Chase ke Perkemahan Blasteran..Annabeth Chase adalah pacarnya Percy, putri Dewi Athena yang selama ini bareng Percy..

Terkaget-kaget, mereka bertiga dibawa ke Perkemahan Blasteran..dan mereka 'diakui' oleh orangtua asli mereka..Leo yang pertama diakui..ternyata putra Dewa Hephaestus - dewa Yunani yang mengurus masalah perbengkelan, alat-alat, mekanik, dan semacamnya..Piper ternyata putri Dewi Aphrodite - dewi Cinta (hooo...awesome)..dan Jason, yang masih hilang ingatan, ternyata adalah putra dari Dewa Zeus - Raja dari segala dewa..anak Zeus dalam cerita sebelumnya adalah Thalia Grace..sohibnya Annabeth n Percy, yang sekarang jadi anggota Pemburu Abadi pimpinan Dewi Artemis (Dewi Pemburu)..

dan berdasarkan ramalan mengenai Demigod yang dipaparkan oleh Rachel Elizabeth Dare, sang Oracle..
"..Tujuh Demigod akan menjawab panggilan, karena badai atau api, dunia akan terjungkal.."
Jason, Piper, dan Leo akhirnya menerima tugas mereka untuk menyelamatkan Dewi Hera -istrinya Zeus yang diculik raksasa..

fakta mengejutkan...Percy Jackson hilang lenyap..dan Annabeth panik..berpikir bahwa kedatangan tiga demigod ini ada hubungannya dengan hilangnya cowoknya...nah..belakangan..di penghujung buku, kita akhirnya 'ngeh' bahwa dewa-dewi Yunani ternyata punya demigod-demigod juga..waktu mereka berubah jadi dewa-dewi Romawi..(for example Zeus = Jupiter, Poseidon =Neptunus..etc)..hadooh..mumet..dan Perkemahan Blasteran ala Romawi ternyata juga ada...dan kemungkinan besar Jason dan Percy tukeran tempat..

ending buku Pertama ini (yup, Riordan emang cerdas, masi ada 4 buku lagi di seri ini..) gak bakal saya kupas..yang jelas, buku setebal 586 halaman ini emang asik dibaca, gokil khas pengarangnya, dan seru abis..mengingat kelakuan konyol masing2 Dewa-Dewi Yunani..

buku kedua baru terbit akhir tahun 2011 lalu, judulnya The Son of Neptune..dan belum tau kapan diterbitkan di Indonesia oleh Mizan Fantasi...buku ketiga akan terbit Agustus 2012 ini di USA, dengan judul The Mark of Athena..kita tunggu saja...buat yang doyan baca buku fantasi seperti saya..layak jadi bacaan menyenangkan...^^