February 18, 2017

Kawanan Dalam Satu Tubuh (Mungkin Aja Ada Spoilernya)

Is Dissociative Identity Disorder Real ?

Kevin dan rombongannya
Jadi malming kemarin, saya dan Aulia (anak sekolahan LDR kebanyakan stress) memutuskan untuk meet up dan nonton pilem baru di bioskop. Kita sepakat nonton SPLIT bikinan M.Night Syamalan. Setelah 2 jam dibikin stress dan overwhelming sama pilemnya, akhirnya saya mutusin untuk mencurhatkan pilem ini di blog (harusnya ini ditulis segera pasca nonton, cuma saya kebanyakan histerikal curhat sama Mommy Selvi dan Mas Rayi, plus nyampah di grup whatsapp geng admin).

" You may wonder if dissociative identity disorder is real. After all, understanding the development of multiple personalities is difficult, even for highly trained experts. The diagnosis itself remains controversial among mental health professionals, with some experts believing that it is really an "offshoot" phenomenon of another psychiatric problem, such as borderline personality disorder, or the product of profound difficulties in coping abilities or stresses related to how people form trusting emotional relationships with others." (dicomot dari situsnya mental health)

February 14, 2017

Ikan, Bus, dan Langit Luas

"..kadang-kadang justru makhluk yang tidak hidup, memiliki kemampuan lebih baik untuk mencintai.."
- Pohon H -
Beberapa waktu yang lalu, saya dan teman-teman geng admin menemukan berita menarik mengenai buku lokal yang akan segera diterbitkan berjudul SEMUA IKAN DI LANGIT karya Ziggy Zezsyazeoviennazabrizkie. Jangan tanya saya soal nama penulisnya ini. Memang dari sononya. Buku ini menjadi istimewa karena merupakan satu-satunya pemenang tunggal dalam sayembara novel yang diadakan oleh Dewan Kesenian Jakarta tahun 2016 silam. Menurut pihak DKJ, karya kesekian Ziggy dalam pernovelan ini memiliki mutu yang jauh meninggalkan karya-karya lain. Herannya, ini fantasi.

Ilustrasi ikan di langit yang saya comot dari Deviantart
Keskeptisan saya terhadap produk novel fantasi dalam negeri memang tidak saya ingkari. Saya sudah teracuni begitu lama dan bervariasi terhadap produk terjemahan. Namun rasa penasaran saya lebih menang, apalagi sampul buku ini bagus dan unyu sekali. Dan ada ilustrasi loh di dalam bukunya, yang katanya digambar oleh si penulis sendiri.
Jadi ngapain ikan-ikan ini di langit ?

February 9, 2017

Apa yang Dicari Sang Pangeran Muda ?

"..orang-orang dewasa memang amat sangat ganjil.."
- Le Petit Prince -

Bulan lalu tiba-tiba saja ada info mengenai akan diterjemahkannya buku berjudul The Return of The Young Prince. Melihat sampul depannya, saya langsung teringat novel Le Petit Prince ( Pangeran Cilik ) yang mendunia itu -- kebetulan baru saya baca tahun lalu. Apakah buku ini lanjutannya ?

February 7, 2017

Mengkucinghitamkan Si Kucing

"..siapa yang tahu misteri kehendak dengan kekuatannya..?"
- Joseph Glanvill -
Miaww !!
Edgar Allan Poe adalah sastrawan - cerpenis misterius yang hidup tahun 1800an dan memang sudah terkenal secara mendunia. Saya sudah sering dengar nama beliau disebut-sebut, terutama oleh mas Jun, personel geng admin pecinta buku klasik dan mas Rayi endut yang suka dengan cerpen-cerpennya si Poe ini. Kelegendarisan Poe diakui telah menginspirasi munculnya tokoh-tokoh rekaan fenomenal bikinan Doyle yakni Sherlock Holmes dan bikinan Christie, yakni Hercule Poirot.